Berkebun

Rp 3K (Rumah Produksi Kebun Kandang Kolam)

Kampung Zimba fokus untuk mengatasi permasalah gizi seimbang dari berbagai aspek, salah satunya adalah tentang KETAHANAN PANGAN sebagai AKSES GIZI masyarakat. Karena selama ini, masyarakat mengalami kesulitan dalam mengakses pangan sebagai sumber gizi seimbang.

Rp 3K adalah pendekatan ketahanan pangan untuk akses gizi masyarakat. Jika berbasis komoditas B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman), maka jaminan ketersediaan pangan sebagai sumber ZAT TENAGA (karbohidrat), ZAT PEMBANGUN (protein nabati dan protein hewani), ZAT PENGATUR (Vitamin dari buah dan sayur) serta CITA RASA, harus disediakan dalam bentuk fasilitas Rumah Produksi, Kandang, Kebun dan Kolam).

Misalkan, di tengah masyarakat dibangun Kebun Zimba yang mengakomodir Kebun, Kandang dan Kolam yang terintegrasi dan didukung oleh Rumah Produksi untuk mengolah hasil dari Kebun, Kolam, Kandang tersebut.



Upaya untuk menyediakan pangan yang bisa diakses untuk pemenuhan gizi dilakukan dengan pengadaan KEBUN, KOLAM dan KANDANG.

Kandang Kambing
Kebun sayur

Dengan adanya Kebun, Kolam dan Kandang yang menjamin ketersediaan pangan yang bisa diakses untuk pemenuhan kebutuhan standar, maka upaya peningkatan gizi dapat dilakukan.

Lebih utama lagi jika edukasi tentang kebun, kandang dan kolam ini dilakukan sejak usia dini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *